11 Jenis Ikan Hias Paling Populer Yang Mudah Dipelihara

Bagi sebagian orang, kehadiran aquarium di rumah memang dapat memiliki suasana yang berbeda. Warna dari lampu aquarium yang apik bercampur riak air menghadirkan nuansa yang membuat hati tenang bagi semua yang melihatnya. Selain itu, bias putih dari aquarium ikan mempunyai suatu sensasi yang menenangkan. Begitu juga jenis ikan hias di dalam aquarium juga berpengaruh terhadap seberapa cantik kesemua tampilan dari aquarium yang ada di rumah kita.
Tidak diragukan lagi, ikan hias memang mempunyai warna dan corak beragam serta bentuk unik dari ikan itu sendiri yang juga membuat para kolektor senang untuk memeliharanya.
Memelihara dan merawat ikan hias ternyata memiliki keuntungan dan manfaat tersendiri, yakni menjaga kesehatan tubuh. Mengapa demikian?
Loh, kok bisa? Ternyata, tingkah laku ikan di dalam aquarium bisa membuat pikiran tenang dan bisa sejenak melepaskan stres bagi orang yang melihatnya.
Ingin tahu jenis ikan air tawar apa saja yang bagus dan menarik untuk dijadikan ikan peliharaan?
Yuk mari simak ulasannya berikut ini :

Jenis Ikan Hias Yang Dapat Kita Pelihara di Rumah

1. Oscar



Ikan Oscar termasuk sebagai ikan yang pemarah dan cenderung tidak ramah bila disandingkan ikan jenis lain dalam satu aquarium karena memiliki sifat yang agresif dan nakal.
Walaupun begitu, tampilan dan warnanya yang indah memang tidak diragukan lagi.
Untuk merawatnya, kita membutuhkan aquarium yang berukuran besar karena jenis ikan oscar ini dapat bertumbuh besar ketika sudah dewasa. Jika di alam liar, ikan oscar ini bisa hidup antara 10 sampai 12 tahun, ini tergantung kepada ketahanan dan kondisi tubuh ikan oscar ini sendiri.

2. Ikan Koi




Ikan koi termasuk salah satu trend ikan populer yang banyak dipelihara oleh kolektor ikan hias.
Memiliki warna yang khas, ikan koi biasanya bercorak gradasi dari merah, hitam, putih atau kuning, daya tarik yang membuat banyak orang menyukainya.
Meskipun diternakkan pertama kali di China, nyatanya ikan ini ternyata malah populer di Jepang.


3. Ikan Discus




Tempat hidup asli dari ikan discus ini berasal dari kawasan Sungai Amazon, Brazil. Garis-garis serta corak pada ikan discus berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri atau perlindungan diri dari ikan-ikan predator pemangsa. Sebagai ikan high class, tidak aneh memang bila Ikan discus dengan tampilan menarik dan sempurna ditaksir memiliki harga yang cukup tinggi.

4. Ikan Mas Koki




Selain ikan koi, ikan mas koki juga bernasib sama, ikan ini juga berasal dari China tetapi malah populer di wilayah Jepang.

Terlebih lagi, ikan ini juga lumayan populer dan trend di kalangan pecinta ikan hias Indonesia.
Ikan mas koki ini termasuk dalam golongan eksklusif karena tidak bisa tinggal dan berbaur dengan ikan lainnya. Ini disebabkan ikan ini membutuhkan banyak sekali oksigen untuk kehidupannya.

 5. Ikan Corydoras



Ikan corydoras biasa juga dinamakan sebagai ikan tikus karena memang ikan ini cara berenangnya seperti tikus yang sedang berlari. Untuk merawatnya, kita harus memberikan sentuhan suasana aquarium yang mirip dengan tempat asalnya, yakni di Sungai Amazon. Ikan ini sering berdiam diri di dasar akuarium, terlebih jika permukaan di dasarnya adalah hamparan pasir.
Selain mempunyai bentuk yang unik dan aneh, ikan ini juga suka memakan kotoran serta makanan sisa ikan lain, lho. Wah kok jorok ya. 

6. Ikan Black Ghost




Mempunyai nama yang keren memang diambil dari warnanya yang memang hitam.Selain hantu hitam, ikan ini juga sering disebut sebagai ikan penari balet. Loh kok bisa ya? Memang ikan black ghost ini suka melakukan gerakan maju mundur cantik dan jungkir balik dengan lihainya layaknya penari balet. Bentuk tubuhnya yang bergelambirlah yang memungkinkan ikan ini untuk melakukan gerakan manuver yang hebat ini.

7. Ikan Louhan




Siapa sih yang belum mengenal ikan louhan?
Ikan yang berciri khas jenong di bagian kepala ini mempunyai tarif harga yang sangat fantastis dipasaran. Apalagi jika memiliki warna dan corak yang unik di tubuhnya. Selain itu, besarnya jenong di kepalanya juga faktor penentu harga dari ikan jenong ini.
Ikan ini begitu agresif terhadap ikan yang lain dan mereka sering melahap ikan-ikan kecil di sekitarnya. Wah kok ngeri ya! Untuk itu jangan mencampurkan ikan kecil-kecil bersama ikan louhan ya, bisa habis itu ikan.

8. Ikan Guppy




Menariknya dari ikan guppy ini yaitu keindahan corak warna serta bentuk siripnya yang indah.
Beberapa jenis ikan guppy yang paling trend dan terkenal adalah ikan guppy koi, guppy dragon, serta guppy cobra.

Untuk merawatnya, kita hanya membutuhkan aquarium yang kecil tanpa oksigen.
Wow, sangat praktis sekali ya.

 

9. Ikan Clown Fish




Ikan clown fish atau ikan badut ini menjadi terkenal karena film Finding Nemo yang populer.
Walaupun tempat hidup asalnya di laut, perawatan ikan clown fish cukup mudah dan ringan.

Satu hal terpenting yang harus dilakukan hanya dengan meletakkan terumbu karang di dalam aquarium agar ikan ini merasa lebih nyaman karena mirip habitat aslinya.

 

10. Ikan Arwana




Ikan arwana ini mempunyai banyak sekali sebutan, mulai dari ikan naga, payung, sampai kayangan.

Ciri khas ikan arwana yakni ukuran tubuhnya yang besar dan mempunyai warna sisik yang mengkilat. Sejumlah jenis ikan arwana yang populer adalah ikan arwana silver, arwana super red, serta arwana golden red.

 

11. Ikan Cupang




Ikan cupang termasuk salah satu ikan hias paling populer dan ngetrend di Indonesia.

Jika kamu tertarik untuk merawatnya, ikan ini bisa dengan mudah dibeli serta ditemukan di toko-toko penjual ikan hias. Banyak orang mencoba membudidayakan ikan cupang karena perawatannya yang sangat simpel dan mudah. Selain itu ikan cupang biasanya tahan terhadap segala kondisi walaupun dengan debit air yang sedikit.

Itulah jenis-jenis ikan hias populer yang mudah untuk dipelihara. Semoga ini bisa menjadi rekomendasi kalian untuk memilih jenis ikan hias apa yang ingin dipelihara. 


ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
This Is The Oldest Page
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
This Is The Oldest Page