15 Jenis Ikan Cupang, Mulai dari Cupang Hias, Liar sampai Aduan


15 Jenis Ikan Cupang, Mulai dari Cupang Hias, Liar sampai Aduan

Jenis Ikan Cupang – Ikan cupang termasuk ikan agresif dan suka menyerang. Ikan cupang hidup di air tawar dan terkadang hidup di selokan yang menggenang. Hampir semua jenis ikan cupang mempunyai warna tubuh yang menarik dan unik.

Bentuk siripnya eksotis, gerakannya berwibawa dan tenang. Keindahan warna ikan cupang sendiri membuat banyak orang memelihara untuk dijadikan hewan peliharaan. Ikan cupang memiliki jenis dan bentuk yang beragam.

Jika dijelaskan, ada total sekitar 73 spesies ikan di dunia. Tapi, tidak semua jenis ikan cupang mempunyai warna yang cantik. Ada beberapa jenis saja yang dapat dijadikan sebagai cupang aduan.

Secara luas, jenis ikan cupang dibedakan menjadi tiga, yaitu hias, liar serta aduan. Untuk mengenal lebih dekat tentang ikan cupang ini, mari kenali jenis ikan cupang berikut!

Jenis-jenis Ikan Cupang

1. Halfmoon

Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti bulan setengah atau bisa dikatakan setengah lingkaran. Jenis ikan cupang halfmoon mempunyai ekor dan sirip yang seolah menyatu menyerupai setengah lingkaran. Ikan cupang Halfmoon ini dipelihara dan dikoleksi karena keindahannya.
Varian warnanya juga bervariasi, mulai dari merah menyala, kuning, hingga putih.
2. Crown Tail (Cupang Serit)
Jenis ikan Cupang crown tail menjadi favorit karena variasi keindahannya. Dinamakan crown tail atau ekor mahkota, karena bila dibalik menghadap ke atas bentuk ekornya terlihat seperti mahkota raja.
Jenis cupang ini banyak dicari kolektor karena hasil breeder yang cukup langka.
3. Plakat
Ikan cupang jenis plakat biasa digunakan sebagai ikan aduan. Tapi, tidak sedikit juga orang yang memelihara cupang jenis plakat ini. Meskipun bentuknya indah, ikan cupang plakat memiliki kesan sirip yang kekar dan tegas.
Pergerakan ikan cupang plakat juga tidak terlalu anggun namun terlihat lebih sangar.
4. Double Tail
Dinamakan double tail karena pada bagian ekornya terbelah dua. Jenis ikan cupang double tail termasuk sulit untuk dikembang biakkan. Maka dari itu, keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran dan termasuk cupang langka.
5. HMPK
Ikan cupang jenis HMPK adalah hasil breeding dari ikan cupang jenis halfmoon dan plakat kemudian disingkat menjadi HMPK. Cupang jenis ini menuai banyak pujian karena warna dan bentuknya yang indah nan cantik.
6. Giant
Sesuai namanya ikan cupang ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari ikan cupang lainnya. Ikan cupang giant berhasil dikembangkan breeder dari Thailand. Ukuran terbesarnya bisa mencapai 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Karena ukuran tubuh yang besar, ikan cupang giant ini tidak dapat bergerak lincah.
7. Big Ear
Jenis ikan cupang big ear atau sering disebut cupang dumbo ini mempunyai sirip telinga yang sangat lebar bagaikan sayap. Ikan jenis ini termasuk salah satu varian ikan cupang yang baru dikembangkan dan sudah dapat ditemukan di Indonesia.
8. Ikan Cupang Sawah
Cupang sawah atau cupang alam termasuk ikan cupang yang belum mengalami persilangan, dan ikan cupang ini jauh dari jangkauan manusia. Memiliki corak warna tubuh bergaris biru dan kuning. Harga ikan cupang sawah ini pun bervariasi.
Jika semakin langka dan bagus maka bisa semakin mahal. Tetapi, sebaliknya jika sudah umum ikan cupang ini memiliki harga sangat murah bahkan gratis.
9. Ikan Cupang Paradise
Cupang paradise atau bahasa ilmiahnya Marcopodus opercularis, banyak ditemukan di daerah sungai Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi. Ciri ikan cupang paradise adalah ekornya cabang, warnanya bergaris-garis vertikal dengan warna hijau muda.
10. Ikan Cupang Sarawak
Ciri-ciri khusus dari cupang jenis sarawak adalah ada semacam garis yang terletak pada sisi kanan dan kiri ikan dari kepala hingga pangkal ekor. Cupang Sarawak rata-rata mudah beradaptasi di alam.
Cupang jenis ini pun mampu bertahan hidup di daerah air dengan tekanan yang tinggi. Jenis ikan alam yang satu ini warnanya agak transparan dan sederhana.
11. Ikan Cupang Surga
Ikan cupang surga ini mempunyai ciri-ciri yang hampir sama dengan jenis cupang paradise. Memiliki warna kecokelatan dan siripnya memanjang, cupang jenis ini bisa ditemukan di Asia Tenggara tepatnya di Sumatra dan Jawa.
Ukuran tubuhnya dapat mencapai 10 cm, cukup besar dibandingkan cupang jenis lainnya.
12. Ikan Cupang Emas
Ikan cupang emas sering ditemui di selokan, sawah, rawa, dan sungai. Nama ilmiah cupang emas adalah Betta unimaculata yang berarti warnanya ke emas-emasan.
13. Ikan Cupang Fancy
Ikan cupang fancy mempunyai ukuran sirip lebih kecil dari ikan cupang halfmoon, namun jenis ikan cupang ini mempunyai warna yang cantik dan indah. Ikan ini terkenal karena kombinasi warna gradasi seperti lukisan yang cantik sehingga membuat harganya mahal.
14. Ikan Cupang Veiltail
Ikan cupang veiltail mempunyai bentuk tubuh  yang hampir sama dengan halfmoon dan double tail. Perbedaan antara Ikan cupang veiltail dengan halfmoon dan double tail adalah dari ‘kekuatan’ ekor.
Cupang veiltail dulunya banyak diminati orang karena sangat mudah mendapatkannya, namun karena semakin banyak ikan cupang hasil silangan, cupang veiltail sedikit tersisihkan.
15. Ikan Cupang Coccina

Memiliki bentuk tubuh silinder dengan warna merah tua dari sirip hingga kepala. Bentuk kepalanya bulat panjang berwarna perak kekuning-kuningan. Sirip insangnya transparan merah, sirip polos dan panjang. Ikan cupang coccina disebut juga cupang Belgi Bangkok.

Itulah jenis-jenis ikan cupang yang perlu kamu kenali sebelum memeliharanya.Ikan ini sangat cocok dijadikan peliharaan di rumah, apabila kamu mencari hewan yang tidak terlalu banyak lu menghabiskanbiaya untuk merawatnya.


ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post