8 Jenis Kura-Kura Peliharaan Paling Populer di Indonesia

Inilah 8 Jenis Kura-Kura Peliharaan Yang Populer di Indonesia

Selain daripada kucing, ayam serta anjing, kura-kura adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup populer dan trend di Indonesia. Kura-kura banyak disukai karena merupakan binatang jinak, lucu serta cukup simpel dan mudah dalam hal perawatannya. Walaupun jinak, tetapi jangan coba-coba dengan giginya ya, karena kura-kura memiliki gigi yang tajam dan kuat, jadi jangan sampai tangan kita tergigit oleh kura-kura.
Di Indonesia terdapat banyak jenis kura-kura yang biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Dimulai dari kura-kura darat bahkan sampai jenis kura-kura air. Apakah kalian tertarik untuk memelihara dan merawat kura-kura di rumah? Yuk, mari kita coba cari tahu dahulu bermacam jenis kura-kura peliharaan yang populer dan trend di Indonesia.

1. Red Ear Slider atau Kura-Kura Brazil


Kura-kura Brazil dikenal mempunyai warna kehijauan, termasuk salah satu jenis kura-kura populer, trend dan favorit di wilayah Indonesia. Sebutan lain untuk jenis kura-kura ini yakni “Red Ear Slider” karena pada bagian telinga kura-kura brazil ini terdapat warna merah mencolok sehingga  jenis kura-kura satu ini semakin menarik.
Tidak cuma gampang ditemukan, alasan terpenting mengapa kura-kura Brazil begitu banyak diminati yaitu karena perawatannya yang cukup mudah.

2. Kura-Kura Aldabra


Khusus untuk kalian yang suka dengan hewan peliharaan yang  memiliki ukuran jumbo, jenis kura-kura Aldabra ini bisa menjadi pilihanmu. Termasuk salah satu jenis kura-kura darat bertubuh besar di dunia, ukuran tubuh dari kura-kura aldabra yang mempunyai tempurung kehitaman ini bisa mencapai 1.5 meter. Wah, besar banget ya!
Jenis kura-kura ini tergolong herbivora serta termasuk cukup sulit dibudidayakan. Tidak heran jika harga kura-kura Aldabra bisa jadi sangat tinggi.

3. Kura-Kura Sulcata


Selain daripada kura-kura Brazil, jenis yang lain serta cukup difavoritkan yakni jenis kura-kura Sulcata yang mempunyai tempat asal dari gurun pasir Afrika. Meskipun terbiasa tinggal di lingkungan dengan iklim gurun yang panas, tapi ternyata kura-kura yang memiliki warna kekuningan ini bisa juga beradaptasi dengan cukup baik pada iklim tropis Indonesia.

Tidak hanya mempunyai warna yang cantik dan menarik, jenis kura-kura sulcata juga bisa tumbuh dan berukuran sangat besar. Kura-kura Sulcata menempati urutan ketiga untuk kategori kura-kura terbesar di dunia setelah kura-kura Galapagos serta Aldabra.

4. Kura-Kura Radiata


Jenis kura-kura radiata ini berasal dari wilayah Madagaskar, Radiata terkenal sebagai salah satu jenis kura-kura eksotis yang harus dimiliki para pecinta kura-kura. Daya tarik yang sempurna kura-kura Radiata yakni pola tempurungnya yang memiliki perpaduan warna hitam serta warna kecokelatan yang unik. Untuk jenis makanan, jenis kura-kura radiata ini termasuk kalangan herbivora. Jadi bisa diberikan makan buah-buahan serta sayur-sayuran.

5. Kura-Kura Indian Star


Seperti dengan namanya, jenis kura-kura ini berasal dari wilayah India. Tidak mau kalah menarik dari jenis kura-kura sebelumnya, Kura-kura Indian Star ini begitu mencolok karena corak tempurungnya yang menyerupai pola seperti bintang. Bagus banget kan! 
Indian Star termasuk kategori kura-kura herbivora, jadi makanannya adalah sayur dan buah-buahan. Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar serta perawatan yang cukup simpel dan mudah membuat jenis kura-kura ini sangat cocok bagi pemula yang belum mempunyai pengalaman apapun dalam pemeliharaan kura-kura.

6. Kura-Kura Cherry Head


Seperti dengan namanya, jenis kura-kura ini dikenal dengan bentuk kepalanya yang bulat dan memiliki warna jingga kemerahan seperti buah cherry. Kura-kura “Cherry Head” ini habitatnya dari Brazil dan Paraguay serta sangat cocok hidup di wilayah Indonesia karena habitatnya yang juga berasal dari kawasan hutan tropis.

7. Kura-kura Leopard Tortoise


Terlihat dari pola cantik dan menawan pada bagian tempurungnya, kita pasti bisa menebak dari mana nama kura-kura “Leopard” berasal. Ya, kura-kura ini berasal dari Afrika serta terkenal akan kecantikan tempurungnya. Akan tetapi, Leopard Tortoise ini begitu sensitif pada perubahan iklim serta cuaca dan menyukai tempat-tempat yang berhawa hangat seperti darimana tempat ia berasal, Afrika. Faktor ini membuatmu membutuhkan perawatan ekstra agar kura-kura ini bisa tetap dalam kondisi sehat pada iklim tropis Indonesia.

8. Asian Forest Tortoise


Nah, jenis kura-kura ini sangat cocok pada iklim di Indonesia, “Asian Forest Tortoise” termasuk salah satu jenis yang bisa menjadi pilihan kalian. Banyak ditemukan di Asia, begitu juga Indonesia, jenis kura-kura satu ini termasuk kategori jenis kura-kura peliharaan yang simpel serta mudah cara perawatannya. Ciri khas dari kura-kura ini yakni tempurungnya yang berukuran cukup besar dan warnanya yang gelap serta permukaanya licin.

Nah itulah jenis kura-kura peliharaan yang populer di Indonesia. Silahkan memilih kura-kura mana yang akan kalian pilih sebagai peliharaan, semoga bisa menjadi rekomendasi. Jangan lupa untuk share artikel ini ya.

ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post