8 Jenis Kura-Kura Peliharaan Paling Populer di Indonesia

8 Jenis Kura-Kura Peliharaan Paling Populer di Indonesia

Selain kucing dan anjing, salah satu jenis hewan peliharaan yang lumayan populer di Indonesia adalah kura-kura. Kura-kura banyak disukai karena jinak dan cukup gampang dalam hal perawatannya.
Di Indonesia sendiri banyak jenis kura-kura yang umum dijadikan sebagai peliharaan. Mulai dari kura-kura darat, sampai jenis kura-kura air. Apakah kamu tertarik untuk memelihara kura-kura di rumahmu? Yuk, mari kita kenali dulu berbagai jenis kura-kura peliharaan yang populer di Indonesia.

1. Red Ear Slider atau Kura-Kura Brazil

Kura-kura Brazil terkenal dengan warna kehijauan merupakan salah satu jenis kura-kura paling populer dan favorit di Indonesia. Nama lain dari jenis kura-kura ini adalah “Red Ear Slider” karena pada bagian telinga kura-kura ini mempunyai warna merah mencolok sehingga menambah daya tarik dari jenis kura-kura satu ini.
Gak cuma mudah ditemukan, salah satu alasan mengapa kura-kura Brazil banyak digemari adalah karena perawatannya yang mudah.

2. Kura-Kura Aldabra

Bagi kalian yang gemar dengan peliharaan yang berukuran jumbo, jenis kura-kura Aldabra ini bisa jadi pilihanmu. Menjadi salah satu jenis kura-kura darat terbesar di Dunia, ukuran tubuh dari kura-kura yang mempunyai tempurung kehitaman ini dapat mencapai 1.5 meter. Wah, besar banget !
Jenis kura-kura ini termasuk herbivora dan tergolong cukup sulit dibudidayakan. Tidak heran jika harga kura-kura Aldabra bisa menjadi sangat mahal.

3. Kura-Kura Sulcata

Selain kura-kura Brazil, jenis lainnya yang cukup digandrungi adalah jenis kura-kura Sulcata yang berasal dari gurun pasir Afrika. Walaupun terbiasa hidup di lingkungan iklim gurun yang panas, ternyata kura-kura yang memiliki warna kekuningan ini dapat beradaptasi dengan baik pada iklim tropis Indonesia.

Gak cuma mempunyai warna yang cantik, jenis kura-kura ini juga dapat tumbuh menjadi sangat besar. Sulcata berada pada urutan ketiga untuk kura-kura terbesar di dunia setelah Galapagos dan Aldabra.

4. Kura-Kura Radiata

Jenis kura-kura ini berasal dari Madagaskar, Radiata dikenal sebagai salah satu jenis kura-kura eksotis yang wajib dimiliki para pecinta kura-kura. Daya tarik sempurna kura-kura Radiata adalah pola tempurungnya yang merupakan perpaduan warna hitam dan warna kecokelatan. Untuk makanan, jenis kura-kura satu ini termasuk herbivora. Jadi dapat diberi makan buah-buahan dan juga sayur-sayuran.

5. Kura-Kura Indian Star

Sesuai dengan namanya, jenis ini berasal dari daratan India. Tidak kalah menarik dari jenis kura-kura sebelumnya, Indian Star ini sangat mencolok karena pola tempurungnya yang berbentuk pola seperti bintang. 
Indian Star termasuk kura-kura herbivora, jadi makanannya adalah sayur dan buah. Ukuran yang tidak terlalu besar dan perawatan yang cukup mudah membuat jenis kura-kura ini cocok untuk pemula yang belum memiliki pengalaman dalam memelihara kura-kura.

6. Kura-Kura Cherry Head

Sesuai dengan namanya, jenis kura-kura ini terkenal akan kepalanya yang bulat dan berwarna jingga kemerahan seperti buah ceri. Kura-kura “Cherry Head” ini berasal dari Brazil dan Paraguay dan sangat cocok hidup di Indonesia karena habitatnya yang juga berasal dari kawasan hutan tropis.

7. Leopard Tortoise

Melihat pola cantik pada bagian tempurungnya, kalian pasti bisa menebak darimana nama kura-kura “Leopard” berasal. Yup, kura-kura ini berasal dari Afrika dan terkenal akan kecantikan tempurungnya. Sayangnya, Leopard Tortoise ini sangat sensitif pada perubahan cuaca dan iklim dan menyukai tempat-tempat yang hangat seperti di tempat ia berasal, Afrika. Hal ini membuatmu memerlukan perawatan ekstra agar bisa tetap sehat di iklim tropis Indonesia.

8. Asian Forest Tortoise

Nah, jenis kura-kura ini cocok dengan iklim di Indonesia, “Asian Forest Tortoise” merupakan salah satu jenis yang bisa jadi pilihanmu. Banyak ditemukan di Asia, termasuk juga Indonesia, jenis kura-kura satu ini termasuk jenis kura-kura peliharaan yang gampang cara perawatannya. Ciri khas dari kura-kura ini adalah tempurungnya yang cukup besar dan warnanya gelap dan permukaanya licin.

Silahkan memilih kura-kura mana yang akan kalian pilih sebagai peliharaan, semoga bisa menjadi rekomendasi. Jangan lupa untuk berkomentar di bawah ya.

ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post