Kenali 9 Jenis Ikan Sapu Sapu Hias Untuk Mempercantik Aquarium


Jenis Ikan Sapu Sapu Hias  Bagi pecinta ikan hias, kehadiran ikan sapu-sapu dalam aquarium bisa sangat membantu mengurangi pekerjaan kita, karena jenis ikan ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan ganggang yang muncul di dalam aquarium. Ikan nocturnal yang hidup dan tinggal di dasar air ini dinamakan juga dengan sebutan plescostomus atau plesco.

Meskipun punya manfaat dan berguna, ikan sapu-sapu juga sering disepelekan karena penampilan tubuhnya yang kurang menarik. Padahal, ada berbagai jenis serta spesies dari ikan sapu-sapu dengan daya tariknya sendiri.

Apabila kalian ingin mempercantik aquarium dan juga menjaga bebas dari kemunculan ganggang yang mengganggu, berikut ini berbagai jenis ikan sapu-sapu hias paling trend dan populer yang bisa dipelihara dan dirawat.

Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias
1. Leopard Frog Pleco

Jenis ikan sapu-sapu hias yang pertama yakni Leopard Frog Plecostomus mempunyi tempat asal dari Brazil. Ikan sapu-sapu hias ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu ciri fisiknya yang dibentuk dari garis-garis berwarna putih kekuningan serta hitam. Ikan sapu hias jenis ini termasuk ikan sapu hias berukuran kecil. Akan tetapi, dengan perawatan yang bagus, ukuran fisiknya bisa mencapai 10 sampai 11 cm.

2. Ikan Sapu-Sapu Synodontis


Ikan sapu-sapu hias berikutnya punya ciri sirip pada bagian atas yang begitu panjang serta fisik terdapat pola corak bintik hitam. Bentuk sirip yang lebar serta panjang pada bagian atas ikan ini sering terbuka hingga membuat ikan sapu-sapu satu ini nampak lebih cantik jika dibanding ikan sapu-sapu yang lainnya.

3. Ikan Sapu Sapu Xingu Baryancistrus


Ikan sapu-sapu jenis ini habitat asalnya dari Brazil. Ciri fisik utama dari jenis ikan sapu-sapu hias ini yakni warna kehitaman pekat disertai corak kuning pada ujung sirip serta ekor dan pola bintik-bintik kontras yang ada pada bagian tubuhnya. Ikan sapu-sapu jenis ini juga terkenal dengan sebutan Gold Nugget Pleco serta bisa tumbuh 15 sampai 20 cm.

4. Hypancitrus Zebra


Seperti sebutannya, jenis ikan hias sapu-sapu ini punya corak warna hitam putih serta pola mirip zebra. Fisik yang eksotis ini menjadikannya sangat diminati pecinta ikan hias sehingga jangan heran kalau ikan sapu hias jenis Hypancitrus Zebra ini mempunyai harga yang cukup mahal.

5. Golden Royal Line


Banyak ditemukan di Amerika Selatan, tepatnya di wilayah Venezuela, ikan sapu-sapu ini punya ciri fisik yaitu tubuh kehitaman serta corak garis horizontal berwarna keemasan di seluruh bagian tubuhnya. Kombinasi dua warna ini menjadikannya tampak menonjol jika dibandingkan ikan sapu-sapu yang lainnya.

6. Blue Phantom Pleco


Jenis ikan sapu-sapu hias selanjutnya ini habitat asalnya juga dari Amerika Selatan. Ciri fisiknya yakni mempunyai warna biru gelap serta terdapat pola bintik-bintik pada tubuhnya. Ketika sudah dewasa, jenis ikan sapu-sapu hias ini bisa tumbuh dengan ukuran 15 sampai 17 cm.

7. Snowball Pleco (Hypancistrus Inspector)


Snowball Pleco tergolong jenis ikan sapu-sapu hias lainnya yang habitat asalnya juga dari daerah Amerika Selatan. Untuk membedakan jenis ikan sapu-sapu hias satu ini lumayan mudah, yakni punya totol-totol putih dan ukurannya cukup besar daripada bintik-bintik yang biasanya terdapat pada tubuh ikan sapu-sapu.

Tetapi, jenis ikan sapu-sapu hias ini dapat dibilang cukup agresif serta termasuk predator di alam liar hingga tidak cocok dicampurkan dengan jenis ikan yang lainnya, terutama ikan dengan ukuran kecil serta bersifat submisif.

8. Green Phantom Pleco


Berbeda dibandingkan jenis ikan sapu-sapu hias yang sebelumnya, memiliki tubuh dengan kombinasi warna kehitaman serta gelap. Green Phantom Pleco justru punya warna kehijauan dan terdapat pola bintik di tubuhnya hingga menjadikan penampilannya mencolok dan unik.

9. Tiger Peckoltia


Mempunyai tubuh cantik serta warna pola kuning keemasan serta kehitaman yang membentuk pola layaknya macan, ikan sapu-sapu jenis Tiger Peckoltia yakni jenis ikan sapu-sapu hias berikutnya yang bisa menjadi alternatifmu untuk mempercantik aquarium. Jenis ikan yang cukup gampang dipelihara ini juga begitu mudah berbaur bersama jenis-jenis ikan lainnya karena sifatnya ramah. Ketika dewasa, ukuran tubuh dari Tiger Peckoltia bisa mencapai 12 cm.

Ternyata bukan cuma bermanfaat sebagai cleaning service aquarium, beragam jenis ikan sapu-sapu hias di atas juga sangat cocok untuk mempercantik aquarium berbaur dengan ikan-ikan hias cantik lainnya.
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post