Cara Membuat Aquascape Sederhana di Rumah


Membuat Aquascape Sederhana - Banyak orang yang mencoba mendekorasi rumahnya dengan memakai bunga, lukisan, serta bermacam dekorasi lainnya. Tetapi bagi para penggemar ikan hias, memilih aquarium untuk hiasan dekorasi rumah sangat tepat.

Teknik pengaturan dan penataan aquarium semakin berkembang, bahkan penampilannya bisa ditata sedemikian rupa sehingga tampak seperti taman sungguhan. Seni menata dan mengatur aquarium sering kita namakan dengan istilah aquascape. Aquascape akhirnya semakin trend dan populer dalam beberapa tahun ini, pastinya di antara kalangan pecinta ikan hias serta penikmat dunia bawah laut.

Aquascape juga dianggap sebagai under water gardening. Pemakaian istilah ini memiliki gambaran teknik dekorasi dan penataan aquarium melalui cara pengaturan bermacam bahan elemen contohnya bebatuan dan tanaman air.

Aquascape mempunyai keindahan serta keunikan tersendiri, karena bisa membuat tampilan aquarium begitu mirip dengan habitat asli fauna layaknya sungguhan. Ikan-ikan kecil yang berenang dan tinggal di dalamnya juga akan terlihat cantik dan menjadi hiasan yang menarik dan cantik di rumah kalian. Bagi para pemula, membuat aquascape sederhana tentunya sangat menyenangkan dan mudah. 

Postingan kali ini akan menerangkan serba-serbi tentang aquascape, ikan hias, tanaman, serta bebatuan yang cocok untuk penataan aquascape, serta beberapa tips merawat aquascape agar tetap dalam kondisi jernih dan sehat.



Cara Membuat Aquascape Sederhana di Rumah

Selain lebih murah dan hemat biaya pengeluaran, membuat aquascape sendiri di rumah bisa meningkatkan kreativitas, dan juga dapat mengatur tampilan seperti dengan keinginan kita. Di bawah ini langkah-langkah sederhana dan praktis untuk membuat aquascape.

1. Siapkan Bahan-Bahan dan Peralatan Pendukungnya
Langkah pertama untuk membuat aquascape yakni mempersiapkan peralatan, bahan, serta komponen pendukungnya. Diantaranya yaitu aquarium, lampu, filter, tanaman hias, pupuk, ikan hias, CO2, ranting kayu, pasir, dan batu-batuan. Ukurlah aquarium termasuk panjang, lebar, serta luas aquarium agar kita bisa mengira-ngira jumlah bahan dan peralatan yang akan dibutuhkan nantinya. Semakin besar aquarium, akan semakin banyak juga bahan serta biaya yang dibutuhkan untuk membuat aquascape ini.

2. Atur Permukaan Dasar Aquarium
Tahap selanjutnya yaitu mengatur permukaan dasar aquascape. Caranya adalah dengan meletakkan pasir di bagian dasar dengan ketebalan pasir berkisar antara 2 sampai 4 cm. Semua bagian dasar aquarium harus tertutup oleh pasir, kemudian buatlah pola lekukan yang menjorok di bagian tengah dan agak tinggi di bagian samping.

3. Tuangkan Pupuk di Pasir
Setelah kita tata dan letakkan pasir di bagian dasar aquarium, proses selanjutnya adalah menuangkan pupuk aquascpae di bagian lekukan yang sudah dibuat. Pupuk aquascape dapat dibeli di toko perlengkapan ikan hias. Kemudian tutup pupuk memakai sisa pasir serta diusahakan agar pupuknya tidak kelihatan dari luar. Ini bertujuan agar penampilan terlihat rapi dan pupuk tidak berhamburan. Pupuk ini bermanfaat sebagai penyedia nutrisi bagi tanaman.



4. Aturlah Bebatuan serta Pernak Pernik Lainnya
Langkah selanjutnya yakni penataan aquascape menggunakan batu-batuan dan pernak pernik seperti ranting kayu, lampu, dan kerikil yang telah disiapkan sebelumnya. Kita bisa membuat gunung berukuran mini, sungai, pantai, atau apapun seperti imajinasi dan kreativitas kita. Setelah proses ini selesai, pasanglah peralatan seperti filter, diffuser CO2, pencahayaan dan yang lainnya.

5. Menanam Tanaman secara Hati-Hati
Proses selanjutnya yakni menanam tanaman. Caranya adalah dengan mengisi seperempat bagian aquarium menggunakan air bersih secara perlahan dan hati-hati agar pasir dan pupuk tidak rusak berhamburan. Langkah selanjutnya tanamlah tanaman satu demi satu serta aturlah sedemikian rupa agar tanaman tampak terlihat cantik.

6. Isi dengan Air Bersih
Setelah langkah penanaman tanaman selesai, lalu lanjutkan dengan mengisi air dan sisakan sedikit ruang untuk udara. Kita bisa memakai saringan ataupun alat khusus supaya kucuran air tidak merusak tampilan yang telah kita buat. Direkomendasikan alat yang digunakan adalah selang yang berukuran kecil, agar kucuran air tidak terlalu besar.

7. Diamkan Aquarium Selama Kurang Lebih Dua Minggu
Sesudah pengisian aquarium dengan air bersih, sebaiknya jangan langsung memasukkan ikan-ikan hias ke dalam aquarium. Tunggulah aquascape selama kurang lebih dua minggu supaya amonia di dalam air menghilang, sebab ikan yang hidup dan tinggal di air yang terkandung amonia bisa menjadi penyebab ikan mati.

8. Masukkan Ikan-Ikan Hias ke dalam Aquascape
Setelah menunggu kurang lebih dua minggu, kita bisa mulai memasukkan ikan-ikan hias kecil ke dalam aquascape. Sekarang kita juga dapat menikmati keindahan aquascape hasil buatan sendiri.
Selamat mencoba dan selamat berkreasi ya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share.



ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post