Inilah 11 Pilihan Makanan Ikan Cupang untuk Nutrisi Terbaik


Inilah 11 Pilihan Makanan Ikan Cupang untuk Nutrisi Terbaik

Makanan Ikan Cupang – Walaupun sudah banyak tersedia makanan Cupang yang dapat langsung dipergunakan, tentu variasi pakan ikan Cupang dipadu dengan ragam makanan ikan Cupang alami lainnya akan membantu memperkaya dan meningkatkan gizi bagi ikan Cupang kita.
Dengan gizi yang bagus, ikan Cupang tidak hanya lebih sehat, juga warna dari ikan Cupang juga akan terlihat lebih indah dan bagus.
Ingin warna ikan Cupang terlihat lebih cantik dan sehat? Berikut pilihan pakan Cupang alami yang dapat diberikan pada ikan Cupang untuk meningkatkan nutrisi dan gizi.
Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Terbaik
1. Jentik Nyamuk
Salah satu makanan untuk ikan Cupang paling umum yaitu jentik nyamuk atau siring disebut cuk. Tidak cuma gampang didapat, pakan Cupang satu ini kaya protein yang cocok untuk pakan ikan Cupang remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.
Untuk mendapatkan jentik nyamuk, kita bisa mengisi sebuah wadah ember dengan air bekas cucian beras dan letakkan di tempat yang gelap tetapi terbuka lalu tunggu sampai beberapa hari hingga muncul jentik-jentik nyamuk.
Jika kalian malas, jentik nyamuk ini juga bisa didapatkan di pasar-pasar ikan hias dengan harga yang murah.
2. Cacing Darah
Bloodworm atau juga dikenal cacing darah yang terkenal akan warnanya yang merah menyala ini termasuk pilihan pakan ikan Cupang selanjutnya yang dapat jadi pilihan alternatif.
Walaupun bergizi, protein dari cacing darah dapat dikatakan tak setinggi jenis-jenis makanan ikan Cupang yang lain. Hanya saja, makanan Cupang yang satu ini dipercaya bagus untuk menghasilkan warna yang lebih cantik pada Cupang hias.
Maka, tidak ada salahnya cacing darah sebagai salah satu alternatif pakan ikan Cupang kesayangan.
3. Cacing Sutra
Selain cacing darah ada juga cacing sutra atau sering disebut cacing rambut yang dapat dijadikan makanan untuk ikan Cupang. Cacing jenis ini mudah ditemukan di perairan-perairan kotor seperti selokan.
Tetapi tidak perlu khawatir karena tidak perlu kotor-kotoran untuk bisa mendapatkan makanan ikan Cupang ini. Cacing Sutra ini bisa didapatkan dengan mudah di pedagang-pedagang ikan hias maupun dibeli secara online.
4. Microworms
Makanan alami untuk ikan Cupang selanjutnya adalah Microworms. Dinamakan demikian karena ukuran dari cacing ini sangatlah kecil. Karena ukurannya yang kecil inilah Microworms sangat cocok dijadikan makanan ikan Cupang yang masih bayi atau burayak.
Membudidayakan Microworms untuk dijadikan pakan Cupang lumayan mudah. Cukup membeli Microworms dari pedagang ikan hias, lalu letakkan ke dalam toples. Berikan sedikit roti tawar yang dijadikan remah-remah dan diamkan sampai microworms akan berkembang biak dengan sendirinya.
5. Kutu Air
Tidak hanya microworms, alternatif pakan untuk bayi ikan Cupang lainnya yakni kutu air. Kandungan gizi dari pakan ikan Cupang ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan anak ikan Cupang dan membantu Cupang untuk mempunyai warna yang lebih indah menyala.
Tetapi, karena kandungan lemaknya yang sedikit, kita perlu memvariasikan pemberian pakan kutu air bersama makanan lainnya untuk membantu perkembangan bayi ikan Cupang.
6. Kuning Telur
Pakan ikan Cupang yang bernutrisi tinggi berikutnya yaitu kuning telur yang kaya akan protein. Untuk pakan kuning telur pada ikan Cupang, caranya adalah dengan merebus atau mengukus kuning telur sebelum kemudian diberikan pada ikan Cupang.
Pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak dan sering karena sisa-sisa pakan ikan Cupang satu ini dapat mengotori aquarium ikan Cupang yang dapat mengganggu kesehatan ikan.
7. Burayak Guppy
Ikan Guppy termasuk salah satu jenis ikan yang cukup gampang berkembang biak. Anak-anak dari ikan Guppy inilah yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pakan untuk Ikan Cupang.
Bayi Guppy sangat populer untuk dijadikan pakan Cupang Giant karena kandungan nutrisinya yang sangat bagus untuk memaksimalkan pertumbuhan ikan Cupang Giant.
8. Lalat
Tidak kalah bernutrisi dibandingkan makanan ikan Cupang lainnya, lalat termasuk pilihan pakan yang bergizi untuk Ikan Cupang berikutnya. Tetapi, perlu diperhatikan untuk tidak memberikan terlalu banyak lalat pada ikan Cupang dan buang terlebih dahulu bagian kepala lalat sebelum diberikan sebagai makanan ikan Cupang.
9. Artemia
Artemia adalah sejenis udang kecil yang hidup di laut atau disebut juga brine shrimp. Ukurannya yang kecil dan kandungan nutrisi yang tinggi membuatnya sering digunakan untuk pakan berbagai jenis ikan, salah satunya untuk pakan Ikan Cupang.
Kandungan protein dari pakan Cupang ini sangat bagus untuk proses pertumbuhan ikan-ikan Cupang yang belum terlalu dewasa.
Pastikan membilas terlebih Artemia supaya kadar garamnya berkurang dan tidak mengganggu keseimbangan asupan garam yang dikonsumsi ikan Cupang.
10. Vinegar Eel
Walaupunpun merupakan salah satu jenis belut, ukuran dari Vinegar Eel ini sangatlah kecil bila dibanding dengan belut-belut pada umumnya. Saking kecilnya Vinegar Eel cukup susah dilihat dengan mata telanjang.
Makanan alami untuk Cupang ini cocok untuk dijadikan salah satu asupan pakan burayak ikan apapun, termasuk burayak Cupang.
11. Insuforia
Insuforia adalah makanan ikan Cupang alami yang kini sedang populer dijadikan sebagai pakan Cupang. Sejenis invertebrata kecil yang hidup di air ini cocok untuk dijadikan pakan untuk burayak sampai Cupang Dewasa.

Untuk mendapatkan Insuforia, kita dapat membudidayakannya sendiri di rumah dengan cara memakai kol atau sawi yang telah dibiarkan membusuk.
Kol atau sawi ini lalu direbus dan diperas sampai didapatkan sarinya. Campurkan sari ini ke dalam toples bersama air dari aquarium serta ampas dari kol dan sawi yang telah diperas. Setelah didiamkan selama sekitar tiga hari ditempat teduh maka akan muncul hewan-hewan kecil berwarna keputihan yang dinamakan Insuforia.

Segera berikan Insuforia ini kepada ikan Cupang karena daya tahan dari Insuforia cuma seminggu.
Walaupun bernutrisi tinggi, tetap variasikan makanan ikan Cupang alami bersama makanan ikan Cupang lainnya untuk memastikan kebutuhan untuk setiap komponen gizi yang dibutuhkan ikan Cupang tercukupi.

ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post