Inilah 11 Pilihan Makanan Ikan Cupang untuk Nutrisi Terbaik


Makanan Ikan Cupang – Meskipun tersedia banyak makanan cupang yang dapat langsung dibeli di toko ikan, tentunya variasi makanan ikan cupang dicampur bersama ragam makanan cupang alami lainnya bisa membantu meningkatkan gizi untuk ikan cupang kita.

Pakan yang memiliki gizi yang baik, cupang bukan hanya lebih sehat, warna ikan cupang juga akan tampak lebih indah serta cantik.

Apakah kalian ingin  warna ikan cupang peliharaanmu tampak lebih cantik serta sehat? Di bawah ini beberapa pilihan pakan cupang alami yang bisa jadi rekomendasi untuk ikan cupang dalam meningkatkan nutrisi serta gizi.

Rekomendasi Makanan Ikan Cupang Terbaik
1. Jentik Nyamuk


Makanan bagi ikan cupang biasanya yaitu 
jentik-jentik nyamuk atau sering diberi nama cuk. Jentik bukan hanya cuma mudah didapatkan, pakan cupang yang satu ini kaya protein, sangat cocok untuk pakan cupang remaja yang masih dalam masa pertumbuhan.
Agar bisa menghasilkan jentik nyamuk, kita bisa menyediakan wadah ember kemudian mengisi  memakai air bekas cucian beras serta meletakkannya pada tempat yang gelap namun terbuka kemudian tunggulah hingga beberapa hari sampai muncul jentik-jentik nyamuk.

Apabila kalian orang pemalas, jentik nyamuk ini juga dapat dibeli di pasar-pasar ikan hias dengan harga yang cukup murah.
2. Cacing Darah


Bloodworm
 atau juga sering kita namakan cacing darah dikenal dengan warnanya yang berwarna merah menyala. Pakan cupang ini tergolong pilihan pakan cupang berikutnya yang bisa menjadi alternatif pilihan.

Meskipun memiliki gizi, protein dalam cacing darah tidak setinggi ragam makanan ikan cupang yang lainnya. Makanan ikan cupang yang satu ini dipercaya baik untuk membuat warna yang lebih cantik pada ikan cupang hias.

Untuk itu, tidak ada salahnya memilih cacing darah untuk alternatif pakan ikan cupang kalian.
3. Cacing Sutra


Selain cacing darah terdapat juga 
cacing sutra yang sering kita sebut cacing rambut, pakan ini  termasuk makanan yang bagus untuk ikan cupang. Jenis cacing jenis ini mudah dicari di perairan-perairan yang kotor contohnya selokan.

Namun jangan resah karena kita tidak perlu kotor-kotoran untuk bisa mencari makanan ikan cupang yang satu ini. Cacing sutra ini bisa dibeli dan didapatkan dengan mudah pada pedagang ikan hias ataupun kita bisa membelinya secara online.
4. Microworms


Pakan alami untuk ikan Cupang berikutnya yakni 
Microworms. Disebut seperti ini karena ukuran dari cacing ini memanglah kecil. Sesuai ukurannya yang kecil inilah Microworms begitu cocok untuk dijadikan makanan cupang yang masih bayi atau kita sebut burayak.

Pembudidayaan microworms untuk dibuat makanan Cupang cukup mudah dan simpel. Yang kita butuhkan cuma membeli Microworms dari pedagang ikan hias, kemudian diamkan dalam toples. Lalu beri sedikit roti tawar yang dihancurkan jadi remah-remah serta diamkan sampai microworms berkembang biak dengan sendirinya.
5. Kutu Air


Bukan hanya 
microworms, pilihan  lain makanan untuk bayi ikan cupang lainnya yaitu kutu air. Kandungan gizi dan protein dari pakan ikan cupang ini lumayan bagus untuk meningkatkan daya tahan anak ikan cupang serta membantu cupang untuk memiliki warna yang lebih cantik menyala.

Akan tetapi, karena kadar lemaknya yang kecil, kita perlu mencampurkan pemberian pakan kutu air dengan makanan cupang lainnya untuk membantu tumbuh kembang bayi ikan cupang.
6. Kuning Telur
Pakan ikan cupang yang memiliki nutrisi tinggi selanjutnya yakni kuning telur yang memiliki protein yang tinggi. Kuning telur untuk pakan ikan cupang, cara membuatnya yaitu dengan merebus serta mengukus kuning telur lalu diberikan pada ikan cupang.

Pastikan untuk tidak memberikan kuning telur banyak-banyak serta sering karena sisa-sisa pakan ikan cupang satu ini bisa membuat aquarium ikan cupang menjadi kotor sehingga bisa mengganggu kesehatan ikan.
7. Burayak Guppy
Ikan guppy dikategorikan salah satu jenis ikan yang lumayan mudah untuk berkembang biak. Burayak ikan guppy inilah yang bisa dibuat sebagai salah satu pilihan pakan untuk ikan cupang.

Bayi guppy sangat populer untuk dibuat makanan cupang jenis giant karena kadar nutrisinya yang sangat baik untuk menambah pertumbuhan ikan cupang giant.
8. Lalat
Alternatif pakan ikan cupang selanjutnya yaitu lalat. Tidak kalah bergizinya jika dibandingkan dengan pakan cupang yang lainnya, lalat termasuk pilihan pakan yang beernutrisi untuk ikan cupang. Namun, perlu diperhatikan agar jangan terlalu banyak lalat yang diberikan pada ikan cupang serta dibuang lebih dahulu kepala lalatnya sebelum diberikan untuk makanan ikan cupang.
9. Artemia


Artemia yakni sejenis udang yang kecil yang hidup dan tinggal di laut atau sering dinamakan juga
brine shrimp. Ukuran fisiknya yang kecil serta kadar nutrisi yang tinggi menjadikannya sering dipakai untuk makanan beragam jenis ikan, terutama untuk pakan ikan cupang.

Kadar protein dari pakan cupang yang satu ini sangat baik bagi proses tumbuh kembang ikan-ikan cupang yang masih remaja.

Pastikan untuk membersihkan dan membilas lebih dahulu Artemia agar kandungan garamnya berkurang serta tidak mengganggu keseimbangan asupan garam yang dimakan oleh ikan cupang.
10. Vinegar Eel


Meskipun tergolong salah satu jenis belut, ukuran dari Vinegar Eel ini begitu kecil jika dibandingkan dengan belut-belut pada biasanya. Saking kecilnya Vinegar Eel lumayan sulit jika diperhatikan menggunakan mata telanjang.

Pakan alami cupang yang satu ini sangat cocok untuk dibuat menjadi salah satu alternatif makanan burayak ikan apapun, terutama untuk burayak ikan cupang.
11. Insuforia


Insuforia yakni pakan ikan cupang alami yang saat ini sedang trend dan populer dijadikan sebagai pakan ikan cupang. Insuforia termasuk invertebrata kecil yang tinggal di air, insuforia ini sangat cocok untuk dibuat sebagai pakan burayak cupang sampai cupang dewasa.

Untuk mencari Insuforia, kita bisa mengembangbiakkannya sendiri di rumah, Caranya dengan memakai kol serta sawi yang sudah dibiarkan berhari hari sampai membusuk.

Kol serta sawi busuk ini kemudian direbus dan diperas didapatkan didapatkan sarinya. Campurkan sari ini ke dalam toples becampur air dari aquarium serta ampas dari kol dan sawi yang sudah diperas. Setelah dibiarkan selama kurang lebih tiga hari ditempat teduh akan terlihat hewan-hewan kecil yang berwarna keputihan, inilah yang disebut Insuforia.

Segera berikan Insuforia ini pada ikan cupang karena daya tahan dari Insuforia hanya seminggu.
Meskipun memiliki gizi yang tinggi, tetap variasikan pakan ikan cupang alami bercampur pakan ikan cupang lainnya untuk memastikan kebutuhan gizi yang diperlukan ikan cupang tercukupi. Jangan lupa share ya.

ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post