Manfaat Daun Ketapang Untuk Budidaya Ikan Cupang


Daun Ketapang untuk Budidaya Ikan Cupang – Daun ketapang termasuk daun yang asalnya dari pohon indian almond yang dapat tumbuh subur di daerah pinggiran pantai. Daun ketapang ternyata begitu identik dengan pembudidayaan ikan hias, salah satunya yakni budidaya ikan cupang.

Ikan yang terdiri dari tiga jenis ini (ikan cupang aduan, cupang hias, serta cupang aduan) mempunyai keunikan pada bagian sisiknya yang berwarna cantik serta eksotis. Akan tetapi, untuk memiliki warna yang sempurna dan cantik, dibutuhkan perawatan yang tidaklah sembarangan. Nah, daun ketapang mempunyai fungsi serta gunaan yang berperan sangat penting dalam budidaya  perawatan ikan cupang.

Lalu cara pemanfaatan serta pengolahan daun ketapang untuk budidaya ikan cupang bagaimana? Di bawah ini akan dijelaskan cara mengolah daun ketapang untuk perawatan ikan cupang, mari kita simak!
Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Sampai saat ini, daun ketapang masih sangat dicari dan dipergunakan oleh para pelaku budidaya ikan cupang. Daun ketapang bagi ikan cupang bermanfaat sebagai penyembuh berbagai macam 
penyakit kulit daripada ikan cupang itu sendiri.

Terdapat berbagai manfaat daun ketapang untuk ikan cupang dan juga untuk jenis ikan lainnya, diantaranya yaitu :

- Memperindah serta juga mencerahkan warna ikan cupang sehingga tampak lebih indah.

- Daun ketapang untuk ikan cupang terutama daun ketapang yang sudah kering bisa menghasilkan  zat organik yang berfungsi menurunkan kadar pH serta menyerap zat-zat racun serta kimia yang      ada di dalam air.

- Dalam proses pembudidayaan, daun ketapang berfungsi sebagai tempat ikan cupang untuk meletakkan telur mereka serta zat asam yang dihasilkan daun ketapang bisa membasmi parasit serta bakteri, sehingga telur akan terbebas dari infeksi.

- Mencegah penyakit kulit serta penyebaran jamur pada ikan cupang.

- Kadar pH air yang seimbang sangat baik bagi kehidupan dan kesehatan ikan cupang.

Daun ketapang memang harganya tidaklah mahal serta sangat mudah dicari ternyata mempunyai kegunaan yang luar biasa untuk kehidupan ikan cupang. Sayangnya, banyak orang melakukan beberapa kesalahan saat mengolah daun ketapang bagi ikan cupang.
Cara Mengolah Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Daun ketapang yang tidak diolah sempurna ternyata malah akan berakibat buruk untuk ikan cupang karena daun ketapang jadi tidak steril dan sehat, pengolahan yang tidak steril dapat menimbulkan bakteri serta zat asam tidak bisa keluar dengan baik. Hal ini dapat ditandai permukaan air berwarna kotor, keruh serta berminyak, dan baunya pun tidak enak.

Untuk itu, mari kita ikuti langkah cara mengolah daun ketapang untuk budidaya ikan cupang berikut ini :

1.     Bersihkan kotoran yang menempel pada daun ketapangdengan air mengalir kemudian bilas sampai bersih.
2.     Rendam daun ketapang di dalam air garam kurang lebih 30 menit.
3.     Kemudian angkat daun ketapang dari air garam tersebut. Lalu masukkan ke dalam wadah berisi air bersih serta diamkan selama kurang lebih 24 jam.
4.     Sesudah direndam 24 jam, keringkan daun ketapang di bawah sinar matahari kurang lebih 2-3 hari, hingga daun ketapang benar-benar kering. Daun ketapang telah siap untuk digunakan.
5.     Setiap helai daun ketapang untuk ikan cupang dapat dipergunakan pada volume air 5-6 liter.

Nah, itulah manfaat serta fungsi daun ketapang bagi ikan cupang serta cara mengolah daun ketapang yang benar. Daun ketapang ini juga bisa dipergunakan untuk jenis ikan hias yang lainnya lho. Jangan lupa share ya.

ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post