Inilah Beberapa Penyebab Ikan Cupang Mati Mendadak

 
Inilah Beberapa Penyebab Ikan Cupang Mati Mendadak

Penyebab Ikan Cupang Mati - Salam semua, hari ini kita akan membahas hal yang sering terjadi, yaitu tentang ikan cupang yang sering mati.

Kita akan membahasnya lebih spesifik, yang akan kita bahas adalah ikan cupang yang kita rawat, bukan termasuk yang masih burayak ya.


 Apa Saja Penyebab Ikan Cupang Mati ?
Oke mari kita simak beberapa alasan mengapa ikan cupang mati.

1. Kondisi Air Yang Buruk
Penyebab ikan cupang mati yang sering diabaikan oleh pengoleksi ikan cupang yakni kondisi air yang sangat tidak bagus.
 
Tidak bagus bukan berarti tidak jernih ya, Namun, tidak bagus ini karena terdapat banyak racun pada air tersebut. Kenapa air beracun?
 
Yang pertama yaitu karena zat kimia yang berasal dari proses pembusukan kotoran ikan cupang tersebut dan juga sisa-sisa makanan. Inilah hal yang membuat ikan cupang terserang bermacam penyakit contohnya sisik nanas, sirip dan ekor kuncup, ikan cenderung diam dan tidak agresif, bahkan sampi melompat.
 
Hal ini bisa jadi lebih parah jika wadah ikan cupang itu terlalu kecil, misalkan botol kecil untuk ikan cupang, ataupun wadah lain yang menampung sedikit debit air, sehingga racun yang berasal dari kotoranya akan cepat menyebar ke seluruh air.
 
Namun banyak yang berpendapat bahwa ikan cupang itu termasuk ikan yang tangguh, yang bisa hidup di debit air yang sedikit dan kondisi air minim oksigen?
 
Ya memang benar, namun ikan cupang hanya mampu bertahan beberapa hari di kondisi seperti itu, paling lama sih 2 minggu menurut saya. Sebagai pengoleksi ikan cupang pastinya kita menginginkan ikan cupang yang kita rawat dalam keadaan sehat sampai usia terpanjang dan bukan hanya beberapa hari atau masa yang singkat kan?
 
Buruknya kondisi air merupakan faktor utama yang menjadi penyebab kematian ikan cupang.
 
Untuk meminimalisir hal ini, ukuran aquarium atau wadah untuk merawat ikan cupang seharusnya yang sesuai aturan, yaitu 5 kali panjang tubuhnya atau lebih besar akan lebih bagus.
 
Karena dengan debit air yang banyak, pastinya zat beracun karena pembusukan kotoran tidak mudah menyebar ke seluruh air.
 
Selain daripada itu, jadwal untuk membersihkan aquarium dari sisa pakan dan kotoran harus diperhatikan sehingga air tetap pada kondisi yang sesuai untuk ikan cupang.
 
Apakah kita sudah melakukan syarat di atas ( menjaga kualitas air tetap bagus ), jika hal di atas sudah dilakukan tetapi ikan cupang masih mati maka penyebab ikan cupang mati berikutnya mungkin di bahasan di bawah ini.
 
 
2. Suhu Air Terlalu Dingin ( Ekstrem )
Bagi para pecinta ikan cupang yang kadang bingung mengapa ikan cupangnya mati mendadak, sebagian dari mereka berasumsi ikan cupang terkena penyakit jantung.
 
Hal ini sangat menggelikan, karena kita bukanlah dokter, jadi bagaimana mungkin kita bisa menyimpulkan bahwa ikan cupang mati mendadak ini karena terkena sakit jantung.
 
Yang paling sering terjadi adalah karena suhu air yang ekstrem dan terlalu dingin, seperti kita ketahui ikan cupang termasuk ikan yang berasal dari daerah tropis. Tempat hidupnya dari Asia, bukan ikan dari benua Eropa, ikan cupang butuh suhu air antara 23 sampai 25 derajat.
 
Biasanya perubahan suhu air ini diakibatkan karena perubahan cuaca, contohnya ketika cuaca dingin ( musim penghujan ) aquarium untuk wadah ikan cupang bagian luar kaca akan berair ( mengembun ).
 
Lalu bagaimana kita mengatasi hal ini, ada tips dalam perawatan ikan cupang saat menghadapi suhu dingin ini, cukup dengan memberi ekstrak daun ketapang yang sangat pekat.
 
Baca : Cara Mengolah Ekstrak Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang
 
Sangat dianjurkan untuk menempatkan aquarium tempat cupang di dalam ruangan saat suhu ekstrem, jangan menempatkan aquarium di area luar.
 

3. Kelebihan Makanan dan Kurang Higienis
Pemberian makanan ikan cupang yang berlebihan membuat cupang cepat mudah terkena penyakit dan akhirnya mati dalam beberapa hari berikutnya.
 
Untuk menghindari pemberian pakan ikan cupang yang berlebihan, sebaiknya amatilah beberapa saat, jangan sampai pemberian makanan sampai ikan cupang memuntahkan pakan, dan pemberian pakan umumnya 1 sampai 2 kali dalam sehari.
 
Selain itu pemberian pakan hidup yang tidak higienis juga akan mengakibatkan ikan cupang terserang bermacam-macam penyakit. Jika kalian memberi pakan jentik nyamuk maupun kutu air atau pakan hidup yang lainya pastikankan dibersihkan terlebih dahulu ya.
 
Jika penyebab ikan cupang mati bukan karena 3 hal di atas, maka disebabkan oleh faktor yang berikutnya.
 
 
4. Gangguan Teman Ikan Cupang Dalam Satu Aquarium


Memelihara ikan cupang kok barengan ikan lain dalam satu aquarium? Mungkin akan terdengar aneh ya, karena jarang ada penggemar ikan cupang yang mencampurkan ikan cupang lainnya dalam satu aquarium. Umumnya hal ini terjadi dari kalangan para penghobi ikan cupang aduan. Seperti kita ketahui, selain ikan cupang hias juga ada cupang aduan.
 
Biasanya ikan cupang mati akibat berkelahi dengan ikan cupang yang lain, mungkin tidak serta merta mati di aquarium, akan tetapi luka-luka yang diakibatkan inilah yang menyebabkan ikan cupang mati.
 
Luka-luka ini terkena bakteri dan racun sehingga menyebabkan ikan cupang sakit, lesu, tidak agresif dan akhirnya ikan cupang mati. Jadi jika ada yang mengadu ikan cupang kemudian bertanya apa penyebab ikan cupang mati, maka itu akan menjadi hal yang lucu.
 
 
5. Ikan Cupang Stres
Berikutnya penyebab ikan cupang mati adalah karena stres, stres yang dimaksut bukan karena mikir cicilan ya, tetapi stres karena beberapa faktor.
 
Pemicu ikan stres ini bisa karena terlalu lama berhadapan dengan kaca atau lawan, selain itu sorot cahaya matahari langsung berlebihan juga menjadi penyebab ikan cupang stres.
 
Stres juga dapat disebabkan karena di dalam aquarium terdapat banyak makanan, seperti kutu air,  jentik nyamuk, maupun pakan-pakan hidup yang lain sehingga dapt membuat ikan cupang menjadi bingung dan akhirnya stres.
 
Ikan cupang stres dapat dilihat dan diamati dengan tidak aktifnya pergerakan ikan cupang dan juga terlihat lesu, ikan sering terlihat di dasar aquarium dan nafsu makan juga menurun.
 
Nah itulah beberapa faktor penyebab ikan cupang mati dan tidak berumur lama. Semoga ini bisa bermanfaat bagi semua, terutama para penggemar ikan cupang. Jangan lupa share ya!

This Is The Newest Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
This Is The Newest Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post